RUMAH BELAJAR PERMATA
WA 081315220161
MENERIMA PENDAFTARAN
UJIAN TAHUN AJARAN 2020/2021
SEKOLAH KEJAR PAKET A (SETARA
SD),
SEKOLAH KEJAR PAKET B (SETARA
SMP),
SEKOLAH KEJAR PAKET C (SETARA
SMA).
DIBUKA JUGA PENDAFTARAN HOMESCHOOLING SD SMP SMA
SOAL UJIAN NASIONAL PAKET B (SETARA
SMP) BAHASA INDONESIA 2017
1. Bacalah paragraf berikutl
Kendaraan bermotor dan sampah rnerupakan sumber pencemaran lingkungan
yang disebabkan ulah manusia. Asap dan limbah industri menyebabkan pencemaran
udara dan air. Gas-gas buang kendaraan bermotor dan mobil menyebabkan
pencemaran udara. Sampah rumah tangga yang menumpuk menyebabkan pencemaran air
dan tanah.
Makna kata pencemaran pada paragraf tersebut adalah ...
A. perbuatan yang kotor
B. cara yang tercemar
C. proses mencemari
D. menjadikan kotor
2. Bacalah paragraf berikut!
(1) Sejak kecil Ahmad Tohari tertarik terhadap karya sastra Yang
berkisah tentang kemiskinan dan kesederhanaan. (2) Pada tahun 198O ia sangat
produktif menulis karya sastra yang menceritakan realita kemiskinan.(3) Sepuluh
tahun berikutnya ia kehabisan energi kreativitasnya. (4) Akan tetapi, akhimya
ia bangkit kembali dan aktif sebagai redaktur majalah Amanah dan tinggal di
Jakarta.
Maksud kalimat (2) paragraf tersebut adalah ...
A. Pada tahun 1980 semua karangannya tentang kehidupan orang-orang
kecil.
B. Ahmad Tohari banyak menuliskan kenyataan kemiskinan padu tahun
1980.
C. Keaktifan Ahmad Tohari dalam menceritakan kemiskinan pada saat
itu.
D. Karangannya tentang kemiskinan masyarakat pada tahun 1980.
3. Bacalah paragraf berikut!
Seorang siswa belajar kerena didorong oleh kekuatan mentalnya. Kekuatan
mental itu berupa keinginan, perhatian, kemauan, atau cita-cita. Motivasi
dipandang sebagai dorongan mental yang menggerakkan dan mengarahkan periIaku
manusia, temasuk perilaku belajar. Dalam motivasi tergantung adanya keinginan
yang mengaktifkan, menggerakkan, menyalurkan dan mengarahkan sikap dan perilaku
belajar. Setidaknya ada dua komponen utama dalam motivasi, yaitu Kebutuhan,
dorongan dan tujuan.
Pernyataan yang sesuai dengan teks tersebut adalah ...
A. Sikap dan perilaku belajar harus ditumbuhkembangkan.
B. Perilaku belajar digerakkan dan diarahkan oleh motivasi.
C. Siswa yang memiliki motivasi rendah tidak akan berhasil.
D. Kekuatan mental dipengaruhi oleh motivasi dari orang lain
4. Bacalah paragraf berikut!
Keberadaan terumbu karang sangat penting bagi kehidupan manusia dan
alam sekitar. Indonesia memiliki terumbu karang terbesar di dunia. Terumbu
karang mengalami kerusakan sehingga popuIasi ikan menjadi berkurang. Pemerintah
mencanangkan program rehabilitasi terumbu karang agar populasi ikan
betambah.
Pertanyaan yang jawabannya
terdapat pada paragraf tersebut adalah...
A. Apa penyebab terumbu karang mengalami kerusakan?
B. Mengapa pemerintah mencanangkan program rehabilitasi?
C. Di manakah lokasi terumbu
karang terbesar di Indonesia?
D. Apa dampak kerusakan terumbu karang bagi wisatawan ?
5. Bacalah kutipan biografi berikut.
Sudirman diangkat menjadi
seorang jenderal pada usia yang cukup muda yaitu 31 tahun. Sejak kecil Jenderal
Sudirman seorang yang pandai dan menggemari berbagai organisasi. Keaktifannya d
Hisbul Wathan menjadikannya seorang guru dan kemudian diangkat menjadi kepala
sekolah. Beliau pernah menjadi anggota DPR. Beberapa perjuangannya melawan
penjajah telah dipimpinnya, seperti melawan tentara Inggris di Ambarawa dan
memimpin pasukan membela Yogyakarta untuk melawan serangan Belanda.
Sikap tokoh yang bisa diteladani adalah ..
A. Menjadi jendral di usia muda.
B. Pandai dan aktif di Hisbu Wathan.
C. Menjadi seorang guru dan kepala sekolah.
D. Terpilih menjadi panglima angkatan perang.
6. Bacalah paragraf berikut!
Chairul Tanjung pengusaha asal Indonesia. Namanya dikenal luas sebagai
usahawan sukses bersama perusahaan yang dipimpinnya, Para Group. Chairul telah
memulai bisnis ketika ia kuliah di
jurusan Kedokteran gigi, Universitas Indonesia.
Sempat jatuh bangun, akhirnya ia sukses membangun bisnisnya. Perusahaan
konglomerasi miliknya, Para Group menjadi sebuah perusahaan bisnis membawahi
beberapa perusahaan di bidang komunikasi dan perbankan.
Keistimewaan tokoh tersebut adalah ....
A. berbisnis ketika masih kuliah
B. membawahi beberapa perusahaan
C. Pantang menyerah akhimya sukses
D. dokter gigi sukses sebagai pengusaha
7. Bacalah paragraf berikutl
(1) Letusan gunung berapi memberi dampak negatif bagi manusia. (2) Gas
beracun yang keluar saat letusan sangat berbahaya ketika terhirup oleh makhluk
hidup. (3) Mineral yang dimuntahkan seperti batu dan pasir membahayakan
penduduk yang tinggal di Iereng gunung. (4) Hembusan abu vulkanik mengakibatkan
infeksi saluran pernapasan.
Kalimat utama paragraf tersebut ditandai nomor...
A. (1)
B. (2)
C. (3)
D. (4)
8. Bacalah paragraf berikutl
Biasanya anak-anak didik enggan mencoba sesuatu karena takut salah.
Mereka tidak sadar bahwa kesalahan Yang mereka buat akan memberi pelajaran
berharga. Padahal, setelah melakukan kesalahan, biasanya seseorang akan mencari
cara yang lebih kreatif. Disinilah pentingnya peran guru untuk mengubah cara
pandang anak didik ketika melakukan
kesalahan.
Gagasan utama paragraf tersebut adalah...
A. Menanamkan sikap berani kepada siswa
B. Menanamkan sikap jangan takut salah kepada siswa
C. peran guru dalam mengubah cara pandang anak didik
D. peran guru dalam meluruskan kesalahan yang dilakukan siswa
9. Bacalah paragraf berikut.
Padatnya jadwal dan aktivitas
kerja terkadang membuat badan lelah atau tidak menyisakan banyak waktu untuk
membersihkan kulit. Akibatnya jerawat mulai bermunculan di wajah. Selain
membuat kepercayaan diri turun, bintik-bintik merah tersebut menimbulkan rasa
sakit dan nyeri apabila tersentuh.
Simpulan paragraf teks tersebut
adalah ...
A Bersihkanlah wajah setiap
hari setelah beraktifitas
B. Jerawat muncul karena malas
membersihkan wajah.
C. Bintik-bintik merah pada
jerawat dapat hilang sendiri
D. Jerawat menyebabkan rasa sakit dan tidak percaya diri
10. Bacalah paragraf berikut
Penebangan hutan secara berlebihan tanpa izin disebut illegal logging.
Hutan yang ditebang secara berlebihan mengakibatkan kerusakan lingkungan. Kerusakan
hutan di Indonesia akibat illegal logging penyebab terjadinya bencana alam.
Negara dirugikan hingga 30 triliun akibat penebangan liar.
Penebangan hutan secara liar hingga di area kawasan yang dilindungi,
area konservasi, dan taman nasional. Dampak hal tersebut adalah banyak binatang
yang kehilangan tempat tinggal dan punahnya beberapa spesies langka.
Ringkasan teks tersebut adalah ...
A. Penebangan hutan secara liar mengakibatkan terjadinya bencana
alam
B. Illegal logging atau penebangan liar merupakan kegiatan yang
dilakukan tanpa izin.
C. Penebangan hutan secara liar mengakibatkan kerugian negara dan
punahnya spesies langka.
D. Penebangan hutan secara liar di Indonesia, disebut dengan istilah
illegal logging.
11. Perhatikan kedua laporan berikut.
Teks 1
Tepat pada pukul 08 00 WIB anak-anak Berkumpul di sekolah. Sebelum
berangkat, mereka berdiskusi tempat mana saja yang akan di kunjungi. Setelah selesai berdiskusi, anak-anak
berbondong-bondong menuju tempat tujuan. Mereka pergi ke tempat tujuan dengan
menggunakan kendaraan motor bersama-sama.
Teks 2
Fantastis! ! Itu kata yang tepat melukiskan pemandangan di sini.
Bagaimana tidak? Bukit yang menghijau, sungai mengalir jernih, burung bernyanyi
riang. Amboi... ! ! siswa siswi SMP Angkasa
terlihat puas dalam studi wisata. Pukul
17.40 tepat mereka berdoa bersama
setelah itu berangkat pulang
menuju sekolah.
Perbedaan penggunaan bahasa laporan kedua teks tersebut adalah...
A. Teks 1 bahasa baku, teks 2 bahasa resmi
B. Teks 1 bahasa resmi, teks 2 bahasa santai
C. Teks 1 dominan kata ulang, teks 2 dominan kata seru
D. Teks 1 bahasa baku, teks 2 bahasa sehari-hari
12. Bacalah kutipan cerpen berikut.
Teks 1
Pukul 09 00 kami tiba di Kebun Binatang Ragunan Jakarta. Kami pergi
dengan rombongan berjumlah 23
orang. Selanjutnya kami memutuskan
untuk bersama-sama mengitari
seluruh area. Puas berkeliling, pukul
12.00 kami memutuskan untuk keluar dari Kebun Binatang menuju restoran
terdekat.
Teks 2
Museum Geologi yang terletak di Jalan Diponegoro, Bandung
menjadi tujuan kunjungan kami.
Kami mengelilingi ruangan di Lantai 1, 2, dan 3. Di lantai 1 terdapat hipotesis
terjadinya bumi, animasi kegiatan geologi. Di lantai 2 kita akan menyaksikan
artefak, maket tambang dan energi.
Perbedaan pola penyajian teks laporan tersebut adalah...
A. Teks 1 urutan waktu, teks 2 urutan tempat
B. Teks 1 urutan tempat, teks 2 urutan waktu
C. Teks 1 urutan topik, teks 2 urutan tempat
D. Teks 1 urutan kegiatan, teks 2 urutan topik
13. Bacalah paragraf berikut!
(1) Buku berjudul Budi Daya Gurami ditulis oleh M. Sitanggang dan B.
Sarwono dicetak pada tahun 2014 oleh penerbit Swadaya di Jakarta. (2) Buku ini
mengupas cara-cara budi daya ikan gurami yang baik serta berbagai kendala yang
dihadapi para peternak ikan. (3) Dengan didukung gambar berwama dan keterangan
yang lengkap, pembaca dengan mudah
memahami isi buku. (4) Informasi yang
disampaikan dalam buku ini sangat berguna bagi pembaca yang akan memulai
budi daya gurami.
Pernyataan berupa keunggulan buku ditandai nomor ...
A. (1)
B. (2)
C. (3)
D. (4)
14. Bacalah kutipan cerpen berikut!
Ibunya kelihatan semakin rapuh, tentu semakin tidak cekatan untuk
mengatasi dan mengarahkan kedua cucunya itu. Dalam hatinya, muncul Satu tekad,
is harus kembali ke laut. Berlayar mengarungi samudra luas, karena laut sudah
merupakan bagian dalam hidupnya.
Makna kata mengarungi adalah ,,,,
A, menyeberangi
B. menjelajahi
C. melintasi
D. melalui
15. Bacalah kutipan cerpen berikut!
Arya berasal dari keluarga
sederhana. Sebelum berangkat sekolah Arya harus mengantar kerupuk ikan ke
warung-warung. Hasil berjualan kerupuk ikan cukup membantu meringankan beban
keluarga.
"Kerupuk ikan ini
diantar ke warung bu Hamdan, kata Ibu mengingatkan.
"Ya. Sekalian ke
warung Pak Romli dan Bang Amran," jawab Arya sambil memasukkan kerupuk
ikan ke dalam keranjang.
"Benar. Hati-hati
dijalan Nak," kata Ibu penuh kelembutan.
Tokoh utama cerpen tersebut adalah ...
A. Ibu
B. Arya
C. Bu Hamdan
D. Pak Romli
16. Bacalah kutipan cerpen berikut!
Kulangkahkan kakiku menuruni panggung utama. Ayah menyambutku dengan
senyum bangga. Keharuan terpancar dari wajanya. Matanya berkaca-kaca
menyiratkan kebanggaan atas prestasi putri semata wayangnya.
"Aku berhasil, Yah,"
ucapku memeluk Ayah. Suasana haru menyelimuti hati kami berdua.
"Kau hebat, Nak, Ayah
bangga padamu," ucap Ayah serak.
Makna kata 'putri semata wayangnya' pada kutipan cerpen tersebut
adalah... A. putri yang cantik
B. anak kesayangan
C. putri satu-satunya
D. anak kebanggaan
17. Bacalah kutipan cerpen berlkut!
(1) Ari seorang siswa SMP
terkenal. (2) Dia cantik, menarik, Dan energik. (3) Namun dia malu memiliki
bapak seorang tukang bubur gerobak, padahal hasil dari penjualan itu cukup
besar. (4) Dia marah ketika melihat bapaknya berjualan di sekolahnya. (5) Bapaknya
tetap berpendapat bahwa pekerjaannya mulia dan tidak harus ditinggalkan. (6)
Ari membandingkan bapaknya dengan bapak sahabatnya yang seorang pejabat dan
selalu dibangga-banggakan.
_Bukti latar tempat terdapat pada kalimat... _
A. (2)
B. (3)
C. (4)
D. (6)
18. Bacalah kutipan cerpen berikut!
(1) Tibalah ia di depan tembok sekolah yang membagi pekarangan depan
sekolah dengan jalanan depan sekolah. Inilah kebiasaan yang tak pernah terbuang
dari seorang pelajar tak biasa seperti Gilang. Memanjat tembok sekolah.
(2) Bug!
Mudah saja untuk Gilang melewatinya. Dan sekarang langkahnya tertuju ke
ruang kelas.
(3) Beruntung untuknya hari ini,
ruang kelasnya belum ada guru yang masuk. Jadi, ia masuk tanpa berbicara beribu
alasan kenapa ia terlambat masuk.
(4) Ada lagi kebiasaan jelek Gilang yang tak pernah hilang darinya,
yaitu membuang sampah sembarangan.
Bungkus plastik permen yang sangat kecil pun ia lempar ke sembarang arah.
Bukti bahwa Gilang memiliki kebiasaan tidak terpuji terdapat pada
nomor...
A. (1) dan (2)
B. (1) dan (4)
C. (2) dan (3)
D. (2) dan (4)
19. Bacalah kutipan cerpen berikut!
Dua anak berjalan dengan
gagahnya dari arah yang berlawanan di sebuah pegunungan yang curam. Saat
itu secara kebetulan mereka tiba secara bersamaan di tepi jurang yang di
bawahnya mengalir air sungai yang sangat deras. Sebuah pohon yang jatuh, telah
dijadikan jembatan untuk menyebrangi jurang tersebut. Jembatan tak dapat
dilalui secara bersamaan, salah satu anak memberikan jalan terlebih dahulu,
sehingga mereka bisa berjalan beriringan dan mereka selamat.
Nilai kehidupan yang terdapat pada teks tersebut adalah ...
A. pasrah menerirna keadaan
B. rukun dan saling menolong
C. tidak memperdaya yang lain
D. hidup adalah saling merrbantu
20. Bacalah kedua kutipan cerpen berikut!
Teks 1
"Tapi kan ibu kota di luar negeri lebih baik," kata Dista,
tak mau kalah.
"Di sini banyak tempat
menarik, unik, dan nggak terpikirkan oleh mata awam. Tapi yang lebih penting
dari itu cuma satu."
Dista mendelik, "Apa itu?"
"Aku lahir di sini dan aku
cinta Indonesia. Kakek aku dulu pejuang. Beliau cerita banyak tentang negeri
ini. Masak sih aku lahir di sini, tapi aku nggak bisa memberi
kontribusi." Teks
2
"Bagaimana kami bisa tahu cerita Anda benar atau nggak? Nggak cuma
Anda yang pakai cara manipulatif hanya utuk mendekati Arty. Arty justru nggak
suka."
Dikata-katai memanipulatif, Laras marah. "Sebulan ini kami,
Yayasan Cinta dan Asa sudah memasukkan surat permohonan, telepon, datang
langsung ke kantor, semuanya secara resmi dan prosedural. Kami sudah
mencantumkan riwayat hidup Elija, foto-fotonya, tapi nggak adajawaban! Elija
nggak punya waktu banyak menunggu jadwal Arty Orlando kosong! Elija keburu
meninggal!" Laras berteriak lantang lepas kendali, napasnya memburu.
Perbedaan niIai moral kedua kutipan tersebut adalah ...
A. Teks 1 menganggap luar negeri
lebih baik dari negeri sendiri, teks 2 berusaha maksimal bertemu artis terkenal
B. Teks 1 mempromosikan keindahan alam negeri sendiri, teks 2
selektif terhadap penggemar
C. Teks 1 bangga pada kakek karena seorang pejuang, teks 2 membuang
jauh-jauh keinginan bertemu artis terkenal
D. Teks 1 mencintai keindahan sebagai tanah kelahiran, teks 2 merasa
tersinggung dikatakan manipulatif
21. Bacalah kedua kutipan cerpen berikut.
Kubuka pintu depan rumah. Aku kaget. Ayahku sedang duduk Di ruang tamu
bersama ibu. Rupanya ayahku sudah pulang dari Jakarta setelah hampir setahun
meninggalkan kami.
"Kamu dari mana saja, kok sore-sore baru pulang?" tanya
ayahku sebelum sempat kuucapkan salam.
"Tadi ada remidi, Yah," aku coba menjelaskan.
"Remidi apa?" suara ayahku meninggi penuh curiga,
"memangnya saya tidak tahu kegiatan kamu di luar sekolah'? Kamu pergi sama
siapa? Ke mana? Pacaran bukan?"
"Benar, Yah, tadi ada remidi. Jadi agak terlambat. Ana tidak
kemana-mana, Yah," aku hanya bisa
mengatakan itu sementara ibuku masih diam.
Penyebab konflik dari kutipan cerpen tersebut adalah ...
A. Aku membuka pintu.
B. Aku pulang terlalu sore.
C. setahun meninggalkan kami.
D. sementara ibuku masih diam.
22. Bacalah kutipan cerpen berikut!
"Wah, wah, banyak betul, Adi, Nano!" ucap Nenek Haris lirih.
"Nenek akan mengambil empat puluh ribu rupiah saja. Sisanya yang dua puluh
ribu buat kalian berdua".
"Engg.. kami tidak terlalu memerlukan uang, Nek. Nenek pasti lebih
perlu. Kami membawa nangka yang tersisa ini saja!" Nano berkata tergagap.
Nek Haris menggeleng. "Tidak. Empat
puluh ribu rupiah sudah lebih dari cukup". Ingat, biasanya nenek cuma
dapat menjual nangka ini sepuluh ribu rupiah. Kalian memang hebat. Banyak
akalnya. Nah, sepantasnya kalian mendapat juga hasil dari penggunaan akal
kalian ini!" Nenek terus memaksa mereka.
Amanat dalam kutipan cerita pendek tersebut adalah ...
A. Memang kita harus jujur.
B. Dalam berjualan harus banyak akal. C. Jangan menolak pemberian orang
tua.
D. Nenek Haris sangat sayang kepada cucu-cucunya.
23. Bacalah kedua kutipan teks berikut!
Teks 1
"Copet! Copet! Jambret! Kalung! Kalungku! Tolong! Tolong! Maling!
Maling!" demikian nyaring suara Burik hingga seluruh isi bus itu dari
ujung yang satu ke ujung yang lain pasti sama mendengarnya.
Laki-Iaki berambut kelemis yang berhasil mengait kalung Burik
menyuruk-nyuruk di antara penumpang dan
Burik semakin melantangkan
jeritannya.
Teks 2
"Tenang, tenang, Saudara-saudara! Sebelum atraksi ular ini, saya
akan memperlihatkan atraksi lain yang lebih seru. Sekarang
lihat baik-baik!" Tangannya
yang gemuk Iegam dengan cekatan menyobek-nyobek kertas koran. "Kertas ini
akan saya bakar, bukan dengan bensin bukan dengan korek api. Ibu-ibu,
Bapak-bapak lihat baik-baik."
Perbedaan pola pengembangan cerpen tersebut adalah...
A. Teks 1 Memunculkan ketegangan,
Teks 2 Menarnpilkan aksi tokoh.
B Teks 1 Mengawali dengan latar
cerita, Teks 2 Memunculkan konflik.
C. Teks 1 Menampilkan aksi tokoh, Teks 2 Memberikan gambaran cerita.
D. Teks 1 Memperkenalkan tokoh, Teks 2 Menampilkan ketegangan.
24. Bacalah kutipan cerpen berikut!
Kutipan 1
Tentara Belanda masih mengadakan patroli. Mencari prajurit republik
yang telah membakar gudang senjata milik tentara Belanda.
"Kita sepertinya terkepung, Bung" bisik Sersan Parno.
"Sssstttt..,. Jangan keras-keras! Kita bela merah putih
hingga titik darah penghabisan," kata Letnan Kusno
bangga.
Kutipan 2
Singkong rebus hangat buatan simbok telah terhidang di atas lincak,
bangku panjang dari bambu. Pisang kepok rebus tinggal beberapa
buah. Sepertinya Pakdhe Triman
telah menghabiskan pisang itu.
"Kamu mau sekolah ke kota, Le?" kata Pakdhe tiba-tiba.
Le adalah panggilan anak laki-laki yang masih anak-anak. Dan aku baru
saja lulus SD.
Perbedaan penggunaan bahasa kedua kutipan tersebut adalah...
A. Kutipan 1 menggunakan kalimat perintah, kutipan 2 menggunakan
kalimat tanya
B. Kutipan 1 menggunakan konjungsi pemilihan, kutipan 2 menggunakan
konjungsi penambahan
C. Kutipan 1 bahasa mudah dipahami, kutipan 2 bahasa sulit dipahami
D. Kutipan 1 bahasa gaul, kutipan 2 bahasa masyarakat umum
25. Bacalah kutipan cerita berikut!
Sebelum Iman beranjak menuju
kamarnya, ibu memberikan nasihat. "Iman, kalah atau menang itu biasa,
apalagi dalam sebuah permainan. Hanya,
pesan ibu, kalau kamu menang jangan lantas mengejek teman-temanmu yang kalah.
Sebab, suatu saat Iman juga bisa kalah kan," jelas ibu sambil menyentuh
ujung hidung Iman. Iman pun tersenyum. Ia berjanji akan melaksanakan nasihat
ibu. la berjanji tidak akan mengejek teman-teman sepermainannya ketika ia menang saat
bermain.
Komentar yang tepat kutipan cerpen tersebut adalah ...
A. Jika bermain jangan sombong.
B. Jangan mengejek teman yang kalah.
C. Taatilah nasihat ibu dalam permainan.
D. Jika menang jangan sombong dan mengejek.
26. Perhatikan kalimat berikut!
Setelah puas menikmati (.....) Candi Prambanan, aku makan nasi pecel di
bawah pohon yang rindang.
Kata yang tepat untuk melengkapi bagian rumpang pada kalimat tersebut
adalah...
A. kemegahan
B. kehadiran
C. kebersamaan
D. kerindangan
27. Perhatikan paragraf berikut!
Tujuan wisata sekolah kami adalah kawasan Ciwidey, Kabupaten Bandung. Perjalanan ke Ciwidey
dapat ditempuh selama dua jam. Kami berangkat dari sekolah pukul 06.00 dengan
menggunakan bus. (.....) Pemandangan di Kawah Putih sangat bagus sehingga kami
asyik berfoto. Situ Patengan sebagai objek wisata berikutnya tak kalah bagus
dari Kawah Putih.
Kalimat yang tepat untuk melengkapi laporan tersebut adalah ...
A. Tempat wisata pertama yang kami kunjungi adalah Kawah Putih
B. Kawasan Ciwidey terkenal dengan objek yang sangat menarik
C. Udara di Kawah Putih sangat dingin sehingga harus memakai jaket
D. Ciwidey menjanjikan tempat wisata yang sangat indah dan
menarik.
28. Perhatikan kalimat-kalimat laporan berikut!
(1) semua siswa berkurnpul di lapangan.
(2) pembina upacara menuju mimbar.
(3) pemimpin upacara menyiapkan barisan
(4) bel upacara telah dibunyikan.
Susunlah kalimat-kalimat rersebut menjadi laporan yang tepat!
A. (4) - (1) - (3) - (2)
B. (3) - (2) - (4) - (1)
C. (2) - (4) - (1) - (3)
D. (1) - (3) - (2) - (4)
29. Bacalah petunjuk berikut!
Petunjuk berbelok saat berkendaraan (1) Lihat kaca spion.
(2) Luruskan kembali
kendaraan.
(3) Nyalakan lampu sent.
(4) Matikan lampi sent.
(5) Berbeloklah dengan hati-hati.
Urutan yang tepat petunjuk tersebut adalah ...
A. (1), (3), (4), (5), (2)
B. (2), (3), (5), (4), (1)
C. (3), (1), (5), (2), (4)
D. (3), (5), (2), (1), (4)
30. Perhatikan petunjuk berikut!
Petunjuk membuat tempe:
(1) Pilih kedelai berwarna kuning mengkilat!
(2) Cuci kedelai dengan cara diremas-remas!
(3) Rebus hingga setengah matang!
(4) .....
(5) Masukkan kedelai yang telah dicampur ragi ke dalam kantong plastik!
(6) Biarkan tempe sampai 36 jam dan tempe siap dikonsumsi!
Kalimat yang tepat untuk melengkapi petunjuk tersebut adalah....
A. Keringkan kedelai dengan oven!
B. Goreng kedelai hingga kemerahan!
C. Campur kedelai dengan ragi tempe!
D. Siram kedelai dengan air panas!
31. Perhatikan data buku berlkut!
Judul buku : Rindu
Penulis : Tere Liye
Tahun Tebit : 2015
Penerbit : Republika
Keunggulan : Tema ceritanya bagus dan jarang disentuh
oleh pengarang Indonesia. Menggunakan alur maju sehingga memudahkan pembaca
mengikuti jalan ceritanya
Kekurangan : Banyak menggunakan bahasa Belanda dan harga buku mahal
Paragraf resensi yang tepat
berdasarkan data buku tersebut adalah...
A. Tema ceritanya bagus dan
jarang disentuh oleh pengarang Indonesia. Buku ini menggunakan alur mundur
sehingga mudah dipahami. Namun harganya mahal dan sulit dicari di Tomo buku.
B. Buku berjudul Rindu ini mempunyai tema yang bagus dan jarang
disentuh pengarang Indonesia. Cerita
mudah diikuti karena menggunakan alur maju. Sayang banyak istilah Belanda dan
harga buku mahal.
C. Buku ini ditulis oleh Tere Liye. Harganya mahal dan menggunakan
bahasa Belanda. Buku Rindu ini mempunyai
tema yang bagus dan jarang disentuh pengarang Indonesia. Cerita mudah diikuti karena menggunakan alur
maju.
D. Buku ini ditulis oleh Tere Liye. Harganya mahal dan menggunakan
bahasa Belanda. Buku Rindu ini mempunyai
tema yang bagus dan jarang disentuh pengarang Indonesia. Cerita mudah diikuti
karena menggunakan alur campuran.
32. Perhatikan paragraf berikut!
Riana berangkat ke sekolah pagi-pagi sekali. Ia mendapat piket
membersihkan kelas. Riana mulai mengambil sapu. la membersihkan lantai kelas.
(.....) Doni senang membantu Riana.
Kalimat tepat untuk melengkapi paragraf tersebut adalah ...
A. Doni membantu merapikan meja
dan kursi.
B. Kemudian, Riana
membersihkan lantai kelas.
C. Riana membuka jendela
kelas, tetapi tidak lebar.
D. Doni membantu Riana menyapu
kelas sampai bersih.
33. Perhatikan kalimat berlkut!
Keluargaku tinggal (- - -) Yogyakarta sejak pi ndah dari Malang tahun
lalu.
Kata depan yang tepat untuk
melengkapi kalimat tersebut adalah...
A. di
B. ke
C. dari
D. pada
34. Bacalah kalimat berikut!
Keragaman biota laut berdampak bagi lingkungan, terutama bakau yang telah abrasi besarnya
hantaman gelombang dan ombak laut.
Penggunaan kata yang tidak tepat pada kalimat tersebut adalah ...
A. keragaman
B. berdampak
C. menahan
D. gelombang
35. Bacalah paragraf benkut!
(1) Astronot yang bekerja di luar angkasa harus tetap berolahraga
selama dua jam sehari. (2) l-lal ini untuk menjaga agar jantung, otot, dan
tulang tidak melemah selama berada di
ruang tanpa gravitasi. (3) Pemerintah memberi beasiswa ke luar negeri
bagi siswa berprestasi. (4) Jika para astronot tidak berlatih olah raga selama
di ruang angkasa, otot-otot terasa nyeri
ketika kembali ke bumi akibat adanya gravitasi.
Kalimat tidak padu paragraf tersebut ditandai nomor ...
A. (1)
B. (2)
C. (3)
D. (4)
36. Bacalah kalimat-kalimat berikut!
(1) Berbagai teknik membaca yang ada pada saat ini harus kita
pergunakan dalam aktivitas membaca.
(2) Kegiatan membaca sangat penting, sebaiknya menggunakan teknik yang
tepat agar hasilnya maksimal.
(3) Aktifitas membaca merupakan kegiatan yang bermanfaat dan berguna
oleh karenanya membaca sangat penting bagi kita.
(4) Kegiatan kita sehari-hari belum lengkap apabila kita belum
melakukan Kegiatan membaca di dalam
berbagai kesempatan yang ada.
Kalimat efektif terdapat dalam
kalimat nomor...
A. (1)
B. (2)
C. (3)
D. (4)
37. Bacalah kalimat berikut!
Dari segi ekonomi TKW menjadi donatur inflasi dan aset Indonesia.
Penggunaan istilah yang tidak
tepat terdapat pada kata . ..
A. ekonomi
B. donatur
C. inflasi
D. aset
38. Perhatikan kalimat rumpang berikut!
Para (.....) dari Badan Statistik Nasional telah melaksanakan tugasnya
dengan baik di area padat penduduk.
Istilah yang tepat untuk melengkapi kalimat tersebut adalah...
A. entri
B. enuresis
C. enumerator
D. entertainment
39. Perhatikan kalimat berikut!
Orang yang (.....) dalam laporan kegiatan itu adalah ketua panitia.
Kata yang tepat untuk melengkapi kalimat tersebut adalah ...
A. bertanggung jawab
B. menanggung jawab
C. pertanggunganjawaban
D. mempertanggungjawabkan
40. Bacalah kalimat berikut!
Nelayan mulai bekerja (1) tengah malam dan mereka melempar (2) jala ke
tengah laut agar mendapatikan ikan.
Perbaikan pilihan kata pada kalimat tersebut adalah ....
A. (1) melaut, (2) menebari
B. (1) dilaut, (2) menebarkan
C. (1) melaut, (2) menebarkan
D. (1) kelaut, (2) menebari
41. Bacalah kalimat berikut!
Pendidikan karakter yang dapat diterima kepada remaja, antara lain,
berperilaku jujur, kreatif, percaya diri, santun, dan peduli.
Perbaikan kata berimbuhan diterima adalah...
A. memberikan
B. diterimakan
C. terimakan
D. diberikan
42. Perhatikan kalimat berikut!
Menurut berita di televisi, korban bencana alam telah banyak sekali yang meninggal dunia.
Perbaikan kalimat tersebut adalah ...
A. meletakkan kata meninggal
dunia setelah kata bencana alam
B. mengganti kata televisi
dengan kata surat kabar
C. menambah kata para di depan kata korban
D. menghilangkan kata telah dan
sekali
43. Bacalah paragraf berikut!
Puluhan ribu transmigran yang tinggal di berbagai wilayah Kalimantan
Utara berbeda-beda nasibnya. Keadaan yang berhasil keadaan juga yang gagal. Di
antara mereka yang gagal, ada yang tetap bersabar sambil berusaha lebih keras
untuk memperbaiki kehidupannya. Bagi mereka yang tidak mau bersabar, banyak yang
kembali ke daerah asalnya walaupun sebenarnya mereka mengetahui jika mereka
sudah tidak memiliki apa-apa di daerah asalnya.
Perbaikan paragraf tersebut supaya padu adalah ...
A. kata puluhan diganti
banyak
B. kata keadaan diganti ada
C. kata tetap diganti
sedang
D. kata untuk diganti
sudah
44. Perhatikan paragraf berikut
Pembagian piket kelas adalah salah satu cara untuk menjaga kebersihan
kelas lingkungan sekolah. Petugas piket biasanya melakukan tugas membersihkan ruang
kelas. Padahal itu pemberlakuan hari secara khusus untuk membersihkan kelas
memberikan kontribusi yang cukup besar dalam menjaga kebersihan.
Perbaikan paragraf tersebut supaya padu adalah ...
A. kata lingkungan diganti
sekitar
B. kata padahal diganti
selain
C. kata secara diganti
melalui
D. kata kontribusi diganti
masukan
45. Bacalah kalimat berikut!
Di kota kami, misalnya; terkenal dengan otak-otak ikan bandeng.
Penggunaan tanda baca yang tidak tepat pada kalimat tersebut
adalah...
A. tanda koma (,)
B. tanda titik (.)
C. tanda hubung (-)
D. tanda titik koma (;)
46. Perhatikan kalimat-kalimat berikut!
(1) Banyak jalan yang tergenang air pada musim hujan
(2) Seekor harimau Sumatera tertangkap warga.
(3) Ibu berjualan jantung pisang di Pasar Waru.
(4) Saat ini sungai-sungai di kota sudah tercemar limbah.
Penggunaan huruf kapital yang tepat terdapat pada kalimat...
A. (1)
B. (2)
C. (3)
D. (4)
47. Bacalah kalimat berikut!
Karena ibunya sedang sakit Rita tidak bisa mengikuti kunjungan ke
Museum Satria Mandala.
Penggunaan tanda baca yang tepat pada kalimat tersebut adalah...
A. Karena ibunya sedang sakit,
Rita tidak bisa mengikuti kunjungan ke Museum Satria Mandala.
B. Karena ibunya, sedang
sakit, Rita tidak bisa mengikuti kunjungan ke Museum Satria Mandala.
C. Karena, ibunya sedang
sakit, Rita tidak bisa mengikuti kunjungan ke Museum Satria Mandala.
D. Karena ibunya sedang sakit,
Rita, tidak hisa mengikuti kunjungan ke Museum Satria Mandala.
48. Perhatikan kalimat berikut!
Menurut berita di televisi, korban bencana alam telah banyak sekali
yang meninggal dunia.
Perbaikan kalimat tersebut adalah ...
A. meletakkan kata meninggal
dunia setelah kata bencana alam
B. mengganti kata televisi
dengan kata surat kabar
C. menambah kata para di depan
kata korban
D. menghilangkan kata telah dan
sekali
49. Bacalah kalimat berikut!
"Bagaimana hal itu terjadi!" tanya ayah.
Perbaikan tanda baca pada kalimat tersebut adalah ...
A. tanda seru (!) diganti koma
(,)
B. tanda titik (.) diganti
titik dua (:)
C. tanda seru (!) diganti
tanda tanya (?)
D. tanda petik dua
("...") diganti petik satu ('...')
50. Bacalah kalimat berikut!
Sekolah kami menjuarai : beberapa lomba tari kreasi, tari remo, puisi,
dan paduan suara.
Penggunaan tanda titik dua (:) pada kalimat tersebut yang benar
adalah...
A. Sekolah kami menjuarai:
lomba tari kreasi, tari remo, puisi, dan paduan suara.
B. Sekolah kami: menjuarai
lomba tari kreasi, tari remo, puisi, dan paduan suara.
C. Sekolah kami menjuarai beberapa lomba: tari
kreasi, tari remo, puisi, dan paduan suara.
D. Sekolah kami menjuarai
beberapa lomba tari kreasi: tari remo, puisi, dan paduan suara.