SOAL UPK (UJIAN PENDIDIKAN KESETARAAN)
PAKET A SETARA SD TAHUN 2021
MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA
I. Pilihlah Jawaban
yang tepat dengan memilih pada pilihan a,b,c,atau d!
11. Perhatikan syair
berikut!
Ingat selalu
kepada Tuhan
Jernihkan hati
kuatkan iman
Supaya hidup
menjadi ringan
Tetap berserah
tanpa beban
Makna tersurat
dalam puisi tersebut
adalah ... .
A. Tuhan mencintai makhluknya yang jernih hati dan beriman.
B. Hidup akan damai jika berserah kepada Tuhan.
C. Dalam menjalani hidup kita harus mempunyai iman yang kuat
Bacalah kutipan teks drama berikut!
Suatu hari di sebuah lembah, Monyet bertemu dengan Burung Pipit yang sedang mencari biji- ijian. “Hai Burung
Pipit, kau sedang mencari biji-bijian lagi, ya? Pantas saja kau tidak
bertambah besar, yang kau makan bijinya, bukan buahnya“, ejek Monyet. Burung Pipit hanya diam dan terus mengumpulkan
biji-biji apel yang dibuang oleh Monyet.
Suatu hari, hujan turun dengan
deras selama berhari-hari. Lembah itu pun tertutup oleh air. Semua hewan mengungsi ke
tempat yang lebih tinggi di atas bukit. Mereka
kedinginan dan kelaparan. Ketika hujan berhenti, mereka turun kembali ke
lembah untuk mencari makanan. Tetapi,
semua pohon telah tumbang tersapu air hujan. Tidak ada lagi buah-buahan untuk dimakan. Saat berjalan menyusuri
lembah untuk mencari makan, Monyet bertemu lagi dengan
Burung Pipit.
Burung Pipit iba dengan kondisi Monyet.
Burung Pipit mengajak Monyet ke atas bukit.
Betapa terkejutnya Monyet, melihat bukit yang penuh buah-buahan. Ternyata, Burung Pipitlah yang menanam pohon
buah-buahan itu. Itulah sebabnya kenapa Burung Pipit selalu mengumpulkan biji buah-buahan yang dibuang.
12. Tokoh utama dalam
cerita di atas adalah . . . .
a. monyet
b. burung
Pipit
c. biji-bijian
d. semua hewan
13. Latar tempat dalam cerita tersebut
adalah . . . .
a. pegunungan
b. pedesaan
c. perkotaan
d. pantai
14. Sifat tokoh Burung Pipit dalam
cerita tersebut adalah
. . . .
a. rajin tetapi sombong
b. rajin dan suka menolong
c. baik hati dan pemalu
d. suka menolong dan disiplin
15. Bacalah cerita
berikut dengan saksama!
Ciung Wanara tumbuh menjadi
seorang pemuda yang sangat tampan.
Suatu hari, ia ingin
sekali pergi ke Kerajaan Galuh untuk mengembara. Awalnya, aki dan nini tidak menginjinkan. Tetapi, Ciung Wanara terus
memaksa. Sebelum ia berangkat ke Kerajaan Galuh,
ia bertanya kepada
aki dan nini siapa ayah dan ibu kandungnya.
Awalnya, aki dan nini tidak mau menceritakan kebenarannya. Namun, Ciung Wanara
terus bertanya. Aki menjelaskan bahwa ayah kandungnya adalah seorang
raja dari Kerajaan Galuh. Ibunya
diasingkan di dalam hutan belantara. Mendengar penjelasan tersebut. Akhirnya, Ciung Wanara
berangkat ke Kerajaan Galuh dengan membawa ayam
jantan kesayangannya.
Kesimpulan cerita tersebut adalah
. . .
a. ayah dan ibu kandung
Ciung Wanara berasal
dari Kerajaan Galuh.
b. Ciung Wanara
memaksa aki dan nini untuk menceritakan tentang
ayah dan ibunya.
c. Ciung
Wanara tidak ingin berangkat ke Kerajaan Galuh sebelum mengetahui asal- usul ayah dan ibu kandungnya.
d. Ciung
Wanara mengetahui jati diri ayah dan ibunya, kemudian berangkat ke Kerajaan Galuh membawa ayam jantan kesayangannya.
16. Perhatikan teks cerita berikut.
Raden Abimanyu terkepung
prajurit Korawa. Kesatria
Pandawa itu bertempur
tanpa bala bantuan. Raden Abimanyu terdesak dan gugur di medan Kurusetra. Dewi Subadra terdiam dengan tatapan mata sendu saat mendengar
kabar anak semata
wayangnya itu.
Maksud kalimat bercetak
miring adalah ....
a. Dewi Subadra
bergembira karena kematian
bala tentara Korawa.
b. Dewi Subadra hendak maju berperang melawan Korawa.
c. Dewi Subadra bersedih
karena kematian anak tunggalnya.
d. Dewi Subadra
menatap prajurit Korawa
yang berjumlah ribuan.
17. Bacalah kutipan
teks drama berikut
untuk!
Ayam bulu pendek pun tergugah,
ia tak lagi malu dan takut pada ayam lain. Ia sekarang lebih sering mematuk – matuk
tanah untuk mencari biji – bijian atau serangga. Badannya
juga menjadi gemuk
dan disukai pemiliknya.
Amanat yang terkandung dalam cerita di atas adalah ...
a. kita harus
tetap percaya diri dan bersyukur
dengan keadaan kita
b. kita harus jadi pemalu
dan pendiam jika tidak
memiliki pakaian yang bagus
c. kita harus selalu
membandingkan diri kita dengan orang lain
d. kita harus jadi pemalu dan pendiam
jika berbeda dengan orang lain
18. Bacalah teks berikut dengan
cermat!
Pak Sholah seorang petani yang rajin.
Setiap hari dia pergi ke sawah. Jarak sawah yang jauh tak menghalangi langkah kaki
Pak Sholah untuk bekerja. Matahari pagi membuat
dia bersemangat. Panas matahari siang juga membuat dia semakin giat bergelut dengan lumpur sawah. Saat Sinar
matahari mulai meredup, Pak Sholah baru duduk beristirahat di pematang sawah.
Tema bacaan di atas adalah
a. mencari
kerja
b. mendapatkan pekerjaan
c. rajin bekerja
d. sawah pertanian
19. Bacalah
cerita berikut dengan cermat!
Fatimah murid kelas VI Sekolah Dasar. Ia
tergolong anak rajin. Sepulang sekolah,
ia membantu ibu membersihkan rumah. Sekalipun banyak pekerjaan di rumah, ia tidak prnah lupa menyelesaikan
tugas sekolah. Prestasi Fatimah di sekolah juga tetap memuaskan.
Peristiwa
yang mungkin terjadi
adalah….
a. Teman – temannya sering
mengganggu Fatimah
b. Fatimah
dijauhi oleh teman
- temannya
c. Teman – temannya
tidak menyukai Fatimah
d. Fatimah
disukai oleh guru dan teman - temannya
20. Bacalah teks berikut ini!
Ki Hajar Dewantara aktif
dalam organisasi sosial dan politik. Pada tahun 1908, ia aktif di seksi propaganda Boedi Oetomo untuk menyosialisasikan dan menggugah kesadaran masyarakat Indonesia.
Pada tanggal 3 Juli 1922 Ki Hajar Dewantara
bersama dengan rekan-rekan seperjuangannya mendirikan perguruan yang bercorak
nasional, yaitu Nationaal
Onderwijs Instituut Taman Siswa (Perguruan Nasional Taman Siswa). Melalui perguruan Taman Siswa dan
tulisan-tulisannya yang berjumlah ratusan, Ki Hajar Dewantara
berhasil meletakkan dasar-dasar pendidikan nasional
bagi bangsa Indonesia. Ki Hajar Dewantara pernah menjabat sebagai Menteri
Pendidikan, Pengajaran, dan Kebudayaan yang pertama. Ki Hajar Dewantara tidak hanya dianggap
sebagai tokoh dan pahlawan pendidikan yang tanggal kelahirannya 2 Mei dijadikan hari Pendidikan Nasional, tetapi juga ditetapkan sebagai Pahlawan Pergerakan Nasional melalui surat keputusan Presiden
RI No. 305 Tahun 1959,
tanggal 28 November
1959.
Hal yang patut diteladani dari tokoh dalam kutipan biografi tersebut adalah . . . .
a. aktif berorganisasi
b. pendiri Taman Siswa
c. pernah menjadi
menteri
d. pahlawan pendidikan