Rabu, 05 Januari 2022

SOAL UJIAN SEKOLAH BAHASA INDONESIA UPK PAKET A 2021 (PART 2)

 

SOAL UPK (UJIAN PENDIDIKAN KESETARAAN) PAKET A SETARA SD TAHUN 2021

MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA

 

 

I. Pilihlah Jawaban yang tepat dengan memilih pada pilihan a,b,c,atau d!


11. Perhatikan syair berikut!

 

Ingat selalu kepada Tuhan

Jernihkan hati kuatkan iman

Supaya hidup menjadi ringan

Tetap berserah tanpa beban

 

Makna tersurat dalam puisi tersebut adalah ... .

A. Tuhan mencintai makhluknya yang jernih hati dan beriman.

B. Hidup akan damai jika berserah kepada Tuhan.

C. Dalam menjalani hidup kita harus mempunyai iman yang kuat

D. Supaya hidup menjadi ringan jangan menjadi beban 


Bacalah kutipan teks drama berikut! 

Suatu hari di sebuah lembah, Monyet bertemu dengan Burung Pipit yang sedang mencari biji- ijian. “Hai Burung Pipit, kau sedang mencari biji-bijian lagi, ya? Pantas saja kau tidak bertambah besar, yang kau makan bijinya, bukan buahnya“, ejek Monyet. Burung Pipit hanya diam dan terus mengumpulkan biji-biji apel yang dibuang oleh Monyet.

 

Suatu hari, hujan turun dengan deras selama berhari-hari. Lembah itu pun tertutup oleh air. Semua hewan mengungsi ke tempat yang lebih tinggi di atas bukit. Mereka kedinginan dan kelaparan. Ketika hujan berhenti, mereka turun kembali ke lembah untuk mencari makanan. Tetapi, semua pohon telah tumbang tersapu air hujan. Tidak ada lagi buah-buahan untuk dimakan. Saat berjalan menyusuri lembah untuk mencari makan, Monyet bertemu lagi dengan Burung Pipit.

 

Burung Pipit iba dengan kondisi Monyet. Burung Pipit mengajak Monyet ke atas bukit. Betapa terkejutnya Monyet, melihat bukit yang penuh buah-buahan. Ternyata, Burung Pipitlah yang menanam pohon buah-buahan itu. Itulah sebabnya kenapa Burung Pipit selalu mengumpulkan biji buah-buahan yang dibuang.

 

12. Tokoh utama dalam cerita di atas adalah . . . .

a. monyet

b. burung Pipit

c. biji-bijian

d. semua hewan

 

13. Latar tempat dalam cerita tersebut adalah . . . .

a. pegunungan

b. pedesaan

c. perkotaan

d. pantai

 

14. Sifat tokoh Burung Pipit dalam cerita tersebut adalah . . . .

a. rajin tetapi sombong

b. rajin dan suka menolong

c. baik hati dan pemalu

d. suka menolong dan disiplin

 

15. Bacalah cerita berikut dengan saksama!

 

Ciung Wanara tumbuh menjadi seorang pemuda yang sangat tampan. Suatu hari, ia ingin sekali pergi ke Kerajaan Galuh untuk mengembara. Awalnya, aki dan nini tidak menginjinkan. Tetapi, Ciung Wanara terus memaksa. Sebelum ia berangkat ke Kerajaan Galuh, ia bertanya kepada aki dan nini siapa ayah dan ibu kandungnya.

Awalnya, aki dan nini tidak mau menceritakan kebenarannya. Namun, Ciung Wanara terus bertanya. Aki menjelaskan bahwa ayah kandungnya adalah seorang raja dari Kerajaan Galuh. Ibunya diasingkan di dalam hutan belantara. Mendengar penjelasan tersebut. Akhirnya, Ciung Wanara berangkat ke Kerajaan Galuh dengan membawa ayam jantan kesayangannya.

 

Kesimpulan cerita tersebut adalah . . .

a. ayah dan ibu kandung Ciung Wanara berasal dari Kerajaan Galuh.

b. Ciung Wanara memaksa aki dan nini untuk menceritakan tentang ayah dan ibunya.

c. Ciung Wanara tidak ingin berangkat ke Kerajaan Galuh sebelum mengetahui asal- usul ayah dan ibu kandungnya.

d. Ciung Wanara mengetahui jati diri ayah dan ibunya, kemudian berangkat ke Kerajaan Galuh membawa ayam jantan kesayangannya.

 

16. Perhatikan teks cerita berikut.

 

Raden Abimanyu terkepung prajurit Korawa. Kesatria Pandawa itu bertempur tanpa bala bantuan. Raden Abimanyu terdesak dan gugur di medan Kurusetra. Dewi Subadra terdiam dengan tatapan mata sendu saat mendengar kabar anak semata wayangnya itu.

 

Maksud kalimat bercetak miring adalah ....

a. Dewi Subadra bergembira karena kematian bala tentara Korawa.

b. Dewi Subadra hendak maju berperang melawan Korawa.

c. Dewi Subadra bersedih karena kematian anak tunggalnya.

d. Dewi Subadra menatap prajurit Korawa yang berjumlah ribuan.

 

17. Bacalah kutipan teks drama berikut untuk!

 

Ayam bulu pendek pun tergugah, ia tak lagi malu dan takut pada ayam lain. Ia sekarang lebih sering mematuk – matuk tanah untuk mencari biji – bijian atau serangga. Badannya juga menjadi gemuk dan disukai pemiliknya.

 

Amanat yang terkandung dalam cerita di atas adalah ...

a. kita harus tetap percaya diri dan bersyukur dengan keadaan kita

b. kita harus jadi pemalu dan pendiam jika tidak memiliki pakaian yang bagus

c. kita harus selalu membandingkan diri kita dengan orang lain

d. kita harus jadi pemalu dan pendiam jika berbeda dengan orang lain

 

18. Bacalah teks berikut dengan cermat!

 

Pak Sholah seorang petani yang rajin. Setiap hari dia pergi ke sawah. Jarak sawah yang jauh tak menghalangi langkah kaki Pak Sholah untuk bekerja. Matahari pagi membuat dia bersemangat. Panas matahari siang juga membuat dia semakin giat bergelut dengan lumpur sawah. Saat Sinar matahari mulai meredup, Pak Sholah baru duduk beristirahat di pematang sawah.

 

Tema bacaan di atas adalah

a. mencari kerja

b. mendapatkan pekerjaan

c. rajin bekerja

d. sawah pertanian

 

19. Bacalah cerita berikut dengan cermat!

 

Fatimah murid kelas VI Sekolah Dasar. Ia tergolong anak rajin. Sepulang sekolah, ia membantu ibu membersihkan rumah. Sekalipun banyak pekerjaan di rumah, ia tidak prnah lupa menyelesaikan tugas sekolah. Prestasi Fatimah di sekolah juga tetap memuaskan.

 

Peristiwa yang mungkin terjadi adalah….

a. Teman temannya sering mengganggu Fatimah

b. Fatimah dijauhi oleh teman - temannya

c. Teman temannya tidak menyukai Fatimah

d. Fatimah disukai oleh guru dan teman - temannya

 

20. Bacalah teks berikut ini!

 

Ki Hajar Dewantara aktif dalam organisasi sosial dan politik. Pada tahun 1908, ia aktif di seksi propaganda Boedi Oetomo untuk menyosialisasikan dan menggugah kesadaran masyarakat Indonesia.

Pada tanggal 3 Juli 1922 Ki Hajar Dewantara bersama dengan rekan-rekan seperjuangannya mendirikan perguruan yang bercorak nasional, yaitu Nationaal Onderwijs Instituut Taman Siswa (Perguruan Nasional Taman Siswa). Melalui perguruan Taman Siswa dan tulisan-tulisannya yang berjumlah ratusan, Ki Hajar Dewantara berhasil meletakkan dasar-dasar pendidikan nasional bagi bangsa Indonesia. Ki Hajar Dewantara pernah menjabat sebagai Menteri Pendidikan, Pengajaran, dan Kebudayaan yang pertama. Ki Hajar Dewantara tidak hanya dianggap sebagai tokoh dan pahlawan pendidikan yang tanggal kelahirannya 2 Mei dijadikan hari Pendidikan Nasional, tetapi juga ditetapkan sebagai Pahlawan Pergerakan Nasional melalui surat keputusan Presiden RI No. 305 Tahun 1959, tanggal 28 November 1959.

 

Hal yang patut diteladani dari tokoh dalam kutipan biografi tersebut adalah . . . .

a. aktif berorganisasi

b. pendiri Taman Siswa

c. pernah menjadi menteri

d. pahlawan pendidikan